Select Page

Meta: Sering dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit, matematika sebenarnya dapat dikuasai dengan lebih mudah setelah mengikuti tips berikut. Apa saja tipsnya?

Rasanya tidak banyak siswa SMA yang berani berkata bahwa ia “jago” dalam mata pelajaran matematika. Ya, mata pelajaran ini dianggap sebagai salah satu mata pelajaran tersulit dalam kurikulum SMA.

Tidak hanya siswa IPA, siswa IPS juga harus mempelajari mata pelajaran yang satu ini. Matematika juga menjadi salah satu mata pelajaran wajib yang diujikan saat ujian nasional dan ujian sekolah berstandar nasional. Tak heran, jasa guru les privat matematika atau bimbingan belajar ramai diserbu siswa SMA.

Padahal, sebenarnya mempelajari matematika tidaklah sesulit apa yang dibayangkan. Dengan berbagai fasilitas belajar modern yang ada, memahami materi matematika SMA kini lebih mudah. Yang harus diketahui adalah cara memanfaatkan fasilitas tersebut dengan optimal untuk menguasai materi yang diajarkan.

Salah satu cara termudah untuk memahami rumus matematika adalah dengan mencari tutorial di internet. Situs seperti YouTube dan Vimeo memuat banyak konten pendidikan matematika yang mudah dicerna. Cukup dengan memasukkan kata kunci seperti “limit matematika” atau “statistik dan probabilitas”, misalnya, siswa dapat menemukan video penjelasan materi yang komprehensif dan menarik.

Guru les privat matematika juga banyak membuat video di internet yang mudah dipahami. Gunakan kata kunci sesuai materi yang tengah dipelajari agar kamu lebih mudah menemukan video yang sesuai.

Selain itu, hal terpenting yang wajib kamu pahami adalah konsep. Dengan pemahaman konsep yang kuat, kamu tidak akan kesulitan saat menjawab soal berjenis cerita atau studi kasus.

Soal cerita ini umumnya kamu temukan di ujian nasional, ujian sekolah berstandar nasional, dan ujian masuk perguruan tinggi. Untuk menguasai konsep, kamu dapat meminta bantuan guru di luar jam pelajaran, belajar pada guru les privat matematika atau membuat peta konsep sendiri dengan kertas dan spidol berwarna. Dengan membuat peta konsep, kamu akan lebih memahami materi karena secara ilmiah, menulis suatu hal akan membuatmu lebih memahami materi yang kamu tulis.

Demikian dua tips penting mengenai cara menguasai matematika dengan mudah. Semoga tips tersebut dapat membantumu untuk sukses dalam pelajaran matematika maupun pelajaran lainnya karena tips ini dapat juga diterapkan untuk menguasai materi pelajaran lain.

Masih kesulitan belajar? Bergabung saja dengan Bimbel Teladan, bimbingan belajar yang berpusat pada siswa dan memudahkanmu untuk memahami pelajaran. Bimbel Teladan dapat dihubungi lewat WhatsApp di 08121910697 & 081289008297.  

× Ada yang bisa kami bantu?