Bimbel ujian masuk SMA Al Bayan Gelombang Kedua

Bimbel persiapan ujian masuk SMA Al Bayan

Bimbel persiapan ujian masuk SMA Al Bayan Gelombang Kedua

Bimbel Masuk SMA Unggulan Al Bayan adalah program tahunan Bimbel Teladan. Disusun untuk membantu putra putri Ayah Bunda dapat lolos ujian masuk SMA Unggulan Al Bayan. Bersama mentor terbaik yang berpengalaman mendampingi selama 5 tahun dan didukung komitmen dan disiplin belajar. Ayo jadilah siswa terbaik yang masuk ke SMA AL BAYAN. Belajar full online menggunakan Zoom. Daftar sekarang bimbel ujian masuk SMA Unggulan Al Bayan bersama Bimbel Teladan. Yuk klik https://s.id/BimbelMasukAlBayan sekarang!!!

Bimbel nilai raport terbaik

bimbel nilai raport terbaik

Bimbel nilai raport terbaik

Bimbel nilai raport terbaik SD kelas 4, 5 dan 6, SMP kelas 7, 8 dan 9 serta SMA kelas 10 dan 11. Satu kelas hanya 5 orang. Belajar tatap muka selama 2 jam tiap Sabtu. Menguasai pelajaran Matematika, IPA dan Bahasa Inggris. Persiapan ujian semester dan ujian kenaikan kelas. Pilihan jam belajar: 9.00 – 11.00, 13.00 – 15.00, 16.00 – 18.00. Ayo daftar sekarang, langsung hubungi 08121910697 .

#bimbelsmp #bimbelsma #bimbelterdekat #bimbelsd #bimbelonline

Bimbel UTBK SBMPTN 2022

Bimbel UTBK SBMPTN 2022

bimbel utbk sbmptn

bimbel utbk sbmptn

 

Membuka Pendaftaran Siswa Persiapan UTBK SBMPTN 2022

Program Saintek & Soshum

Kelas Offline dengan pengajar senior dan berpengalaman

Siswa mendapatkan konsultasi pemilihan kampus, jurusan, strategi belajar, tips cepat mengerjakan soal hingga didampingi mencari tempat kost bagi yang memerlukan.

Biaya mulai Rp.100.000 per pertemuan 90 menit. Kelas dimulai Sabtu 09 April 2022.

Hubungi Sekarang untuk mendapatkan jadwal belajar >>> https://bit.ly/TanyaBimbelUTBK 

Kamu juga bisa isi formulir ini ya Kak :

Peminatan(required)

Program Super Intensif UAS UKK SD SMP 2022

Program Super Intensif UAS UKK SD SMP 2022

 

bimbel super intensif sd smp 2022

BIMBINGAN BELAJAR AL FARABI bekerjasama dengan BIMBEL TELADAN

Program Super Intensif UAS UKK SD SMP 2022

Kelas 4-6 SD & Kelas 7-9 SMP

Mulai Belajar : 5 Februari 2022 (belajar setiap akhir pekan; Sabtu 9.00-12.00 dan 15.00-18.00)

Ruang Kelas : Kelas Bimbel Al Farabi (mitra kerjasama Bimbel Teladan)
Taman Tirta Cimanggu Blok A2 No.9

Mata Pelajaran :
Matematika, IPA, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia

Fasilitas Belajar :

  1. Lembar Kerja Siswa,
  2. Free Internet,
  3. Free Air minum,
  4. Buku bacaan, Majalah,
  5. Bebas konsultasi dengan tutor,
  6. Kelas nyaman (kapasitas 5 siswa untuk optimalisasi belajar)
  7. Pengajar pengalaman (mahasiswa & alumni PTN favorit)
  8. Sharing sukses belajar bersama kakak kelas dan alumni (termasuk alumni dari luar negeri)

Biaya :
Pendaftaran Rp.250.000
SMP Rp.800.000 (24 sesi)
SD Rp.600.000 (24 sesi

Info & Pendaftaran : https://s.id/infobimbelfarabi

8 UCAPAN AJAIB MEMBENTUK KARAKTER ANAK

Ayah Bunda, berikut ini adalah 8 ucapan dan ungkapan ajaib yang dapat membentuk karakter anak. Silakan dicoba ya !!!

Ditulis oleh Satria Hadi Lubis

  • Salam
    Ajarkan dan biasakan ucapan “Assalamu ‘alaikum” kepada anak agar terbiasa dengan salam yang Islami. Tiap masuk rumah atau masuk kamar orangtua atau ketemu orang lain, ucapannya selalu salam. Ucapan ini membentuk jiwa penuh kedamaian pada diri anak.

Ungkapan salam kepada anak akan membentuk jiwa penuh kedamaian pada diri anak

  • Dzikir
    Biasakan ucapan yang mengandung muatan dzikir kepada Allah dalam merespon segala sesuatu. Misalnya, Astaghfirullah, Subhanallah, Alhamdulillah, Masyallah, Insya Allah, Barakallah, dan lain sebagai nya. Bukan ucapan: Astaga! Gila! Anjirr!
    Dzikir menciptakan karakter taqwa pada diri anak.

Dzikir menciptakan karakter taqwa pada diri anak

  • Tolong
    Biasakan anak untuk mengucapkan kata ‘tolong’ setiap ia meminta bantuan kepada orang lain. Jika terbiasa dengan kata ini, akan tumbuh karakter rendah hati dan tidak sombong.

Ungkapan “tolong” akan membuat anak tumbuh dengan karakter rendah hati dan tidak sombong

  • Terimakasih
    Biasakan mengucap kan kata terima kasih atau jazakallah khoiron katsiro untuk berbagai hal yang positif, sebagai apresiasi kepada orang lain yang telah memberikan pertolongan bagi dirinya. Anak yang tumbuh dengan menghargai orang lain akan menumbuhkan kebesaran jiwa.

“Terima kasih” membuat anak tumbuh dengan kemampuan menghargai orang lain dan menumbuhkan kebesaran jiwa

  • Maaf
    Ajarkan anak untuk mudah meminta maaf walaupun ia tidak melakukan kesalahan. Apalagi jika ia memang melakukan kesalahan. Anak yang terbiasa meminta maaf akan tumbuh sikap empati dan kasih sayang.

Kata “maaf” membuat anak menjadi lebih empati dan kasih sayang

  • Iya / Baik
    Ajarkan anak untuk mengucapkan kata _”iya/Baik” atau “siap” sebagai respon dari nasihat atau perintah dari orangtua. Kadang saat ibu atau ayah meminta anak untuk melakukan sesuatu, ia hanya mengangguk atau bahkan diam saja. Ungkapan ini membentuk karakter peduli dan menghargai.

Ungkapan “iya” atau “baik” membentuk anak menjadi lebih peduli dan menghargai

  • Izin/Permisi
    Biasakan anak untuk meminta izin dalam berbagai kondisi. Misalnya minta izin untuk menggunakan benda yang bukan miliknya.hal ini membentuk karakter tertib.

Kata “izin” atau “permisi” membentuk kebiasaan untuk tertib dan santun

  • Bisa
    Ajarkan anak berpikir dan bersikap optimistik. “Aku bisa!” adalah ungkapan optimistik.
    Membuat anak tumbuh dengan percaya diri.

“BISA !!!” mendorong anak tumbuh percaya diri dan yakin pada dirinya

Kamu keren !!!
Sheila Sukses Tembus SMA Al Bayan

Sheila Sukses Tembus SMA Al Bayan

sma al bayan

Selamat atas keberhasilan Kak Sheila, siswi SMP Daar En Nisa Bogor yang berhasil lolos seleksi masuk SMA Pesantren Unggulan Al Bayan Putri, Sala Bintana, Sukabumi pada Tahun Ajaran 2022/2023.

Keberhasilan ini mengikuti jejak kakak kandung Sheila, Kamil, yang telah lebih dulu masuk SMA AL BAYAN pada 2018 dan kini sudah duduk di kelas 12. Sang kakak, Kamil, saat ini turut melanjutkan short course di Bimbel Teladan sebagai persiapan UTBK SBMPTN 2022. Semoga sukses ya kak…

Pengen sekolah di SMA Al Bayan juga? Baca tipsnya disini ya :
https://bimbelteladan.com/category/tips-menjadi-pelajar-yang-sukses/  
https://lesprivatdibogor.com/2019/11/04/9-fakta-siswa-bimbel-teladan-yang-diterima-di-sma-al-bayan/

Asesmen Nasional Gunanya Apa?

Asesmen Nasional Gunanya Apa?

Asesmen Nasional (AN) akan diselenggarakan sebentar lagi. Namun masih banyak masyarakat yang bingung apa bedanya AN dan Ujian Nasional (UN). Termasuk pertanyaan mengenai hasil AN akan dibuat syarat kelulusan atau tidak.

asesmen nasional gunanya apa

Ilustrasi Ujian Nasional (PRFM)

 

Menjawab hal itu, Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbud Ristek, Anindito Aditomo menjelaskan keduanya. Menurut Anindito, Asesmen Nasional sangat berbeda dengan Ujian Nasional karena Asesmen Nasional bertujuan untuk mengevaluasi sistem pendidikan.

Asesmen Nasional dirancang untuk mendorong dan memfasilitasi perbaikan kualitas pembelajaran. Anindito juga menyampaikan bahwa AN akan memetakan kualitas pendidikan nasional dan memberi umpan balik kepada sekolah, dinas pendidikan, dan pemerintah pendidikan.

“Pertama AN akan memetakan, kita akan mendapatkan peta kualitas di seluruh Indonesia. Dan yang kedua memberi umpan balik kepada madrasah, sekolah, dinas pendidikan, dan pemda. Jadi itu fungsinya. Nanti petanya ini juga secara berkala kita update, sehingga kita bisa memantau kemajuan dari kualitas pendidikan kita,” jelas Anindito, dilansir dari laman Direktorat SMP.

Lebih lanjut, Anindito menjelaskan lebih detail terkait umpan balik atau hasil yang akan didapatkan dari pelaksanaan Asesmen Nasional. Terdapat dua informasi utama yang nantinya akan disajikan sebagai umpan balik :

1. Kompetensi dan karakter murid

AN memberi umpan balik tentang kompetensi dan karakter peserta didik yang menjadi tujuan utama pembelajaran. Informasi ini diharap dapat mendorong sekolah dan dinas pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

Informasi terkait kemampuan dan karakter peserta didik merupakan informasi mendasar yang perlu diprioritaskan untuk melakukan peningkatan baik oleh sekolah, guru, maupun orang tua sehingga karakter pancasila dan peningkatan kompetensi dapat tercapai.

AN tidak lagi berorientasi pada ketuntasan materi, namun berorientasi pada pengembangan kompetensi dan karakter peserta didik.

AN tidak lagi berorientasi pada ketuntasan materi, namun berorientasi pada pengembangan kompetensi dan karakter peserta didik.

asesmen nasional

2. Ciri-ciri sekolah efektif

AN juga memberikan gambaran tentang karakteristik esensial sebuah sekolah yang efektif dalam mengembangkan kompetensi dan karakter murid.

Informasi tersebut mencakup ciri pengajaran yang baik, refleksi guru, kepemimpinan kepala sekolah, sampai dengan program sekolah yang membentuk iklim akademik, sosial, dan keamanan kondusif.

Hal ini diharap membantu sekolah lebih memahami apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Hasil AN akan dikembalikan kepada sekolah dan pemerintah daerah melalui platform Rapor Pendidikan yang akan memudahkan evaluasi diri dan perencanaan tindak lanjut.

Dalam Rapor Pendidikan tidak ada skor individu murid, guru, maupun kepala sekolah, namun hanya skor sekolah yang dirancang untuk melakukan refleksi dan evaluasi. Sekolah dan dinas pendidikan hanya dapat mengakses skor sekolahnya sendiri dan tidak dapat melihat skor dari sekolah lain. Tidak ada peringkat skor yang ditampilkan.

asesmen nasional

Anindito menyampaikan jika AN adalah ajakan dan dorongan untuk bertransformasi di mana perwujudannya membutuhkan aksi dan kolaborasi dari semua pihak, baik pemerintah, guru, kepala sekolah, dinas pendidikan, murid, serta orang tua.

“Asesmen Nasional pada dasarnya ajakan dan dorongan dari Kemendikbud untuk melakukan transformasi pembelajaran,” Ujarnya. Namun, AN sebagai perwujudan dari cita-cita transformasi dan membutuhkan aksi lebih lanjut dan kolaborasi dari semua pihak. “Tidak bisa hanya dilakukan oleh Pemerintah Pusat. Kita butuh kolaborasi dengan guru-guru, dengan pemda, murid, dan orang tua,” pungkas Anindito.

Sumber : Kompas

7 Tips Menyusun To Do List Harian Kamu Gak Sekadar Wacana

7 Tips Menyusun To Do List Harian Kamu Gak Sekadar Wacana

Menyusun to do list harian atau daftar tugas harian merupakan skill yang penting banget buat kamu pelajari. Apalagi buat kamu millenials yang super sibuk, to do list bakal membantu kamu menentukan prioritas dalam mengerjakan setiap tugas.

menyusun to do list harian
Menyusun To Do List (LinovHR)

To do list yang disusun dengan baik dan benar, bakalan sangat bantu aktifitasmu menjadi terorganisir lebih baik. Dan ada saat berharga lainnya yang pastinya bikin lega pikiran dan perasaan ketika kamu bisa cheklist satu per satu isi dari to do list milikmu.

Pastinya, sebagian dari kamu sudah pernah buat to do list tapi aktivitas harian tetap saja berantakan. Bisa jadi ada kesalahan yang membuat manajemen to do list kamu gak sesuai harapan. 

Apa Itu To Do List?

To do List adalah bagian dari perencanaan yang berupa sekumpulan daftar tugas yang perlu diselesaikan dalam rentan waktu tertentu. Dibuat dalam rentan waktu tertentu (harian, mingguan atau bulanan).

Psikolog dan Penulis, Dr. David Cohen yang dikutip dari laman theguardian menyatakan setidaknya ada tiga alasan ia membuat to-do-list yaitu mengurangi keribetan dalam mengatur tugas, membuat tugas menjadi terstruktur, dan memastikan rencana bisa dijalankan. Pada akhirnya to-do-list adalah bukti akan apa yang sudah dicapai dalam kegiatan harian, mingguan, atau bulanan.

menyusun to do list harian
Ilsutrasi Todo List (Line)

Berikut tips menyusun to do list harian kamu agar sekadar wacana, kuy !!! 

1. Buat di hari sebelumnya

Kamu bisa membuat to do list sebagai perencanaan besok di hari ini. Jadi ketika esok pagi tiba, kamu sudah tahu apa saja yang harus kamu lakukan.

Selain itu, ada juga yang memberikan saran untuk menyusun to do list harian pada malam hari sebelum kamu tidur. Hal ini bisa membantumu dapat lebih fokus dan tenang dalam merencanakan hari esok yang akan datang, karena kamu sedang rileks setelah sibuk bekerja atau sekolah/kuliah.

Membuat to-do-list saat malam juga berarti memberikan waktu lebih luang untuk memikirkan apa-apa saja yang diprioritaskan dan harus dikerjakan. Membuatnya saat pagi sebelum kerja justru bisa membuat terburu-buru dan to-do-list yang dibuat tidak efektif.

2. Urutkan dan Perjelas Prioritas

Sebagaimana kita menyusun daftar belanjaan, apa yang ditulis diawal lebih cenderung akan kita cari lebih dulu. Sama halnya dengan menusun to-do-list, sebaiknya menyusun berdasarkan urutan prioritasnya. Tugas atau kegiatan yang dianggap paling mendesak diurutkan pertama agar lebih mudah diingat dan menjadi fokus.

Bagaimana jika to-do list yang kamu miliki berisi terlalu banyak pekerjaan, dan kamu merasa terlalu terbebani dan stres? Kamu bisa coba mengurangi berbagai pekerjaan dan menulis prioritas untuk menghindari kebingungan ini.

The Muse menyarankanmu untuk memberlakukan metode 1-3-5 agar penentuan prioritasmu bisa lebih mudah.

Maksudnya adalah, kamu coba tentukan satu pekerjaan yang besar, tiga pekerjaan sedang, dan lima pekerjaan kecil yang harus kamu lakukan dalam sehari dan tulis dalam to do list yang kamu buat.

Secara umum, ini adalah jumlah pekerjaan yang bisa diselesaikan dalam sehari oleh seseorang. Penentuan prioritas ini juga dapat membuatmu lebih produktif dan menghindari tekanan karena banyaknya pekerjaan yang harus kamu lakukan.

menyusun to do list harian
Ilustrasi Todo List

3. Berilah Penjelasan Rinci di Setiap Tugas

Agar to-do-list benar-benar efektif, buatlah penjelasan rinci di setiap list tugasnya. Misalkan tugas membuat artikel, tulislah secara terperinci apa saja yang menjadi target seperti ‘menulis artikel dari pendahuluan sampai tinjauan pustaka’. Jangan hanya membuat to-do-list dengan hanya menulis ‘Buat Artikel’ karena justru akan membuat bingung dan tidak terarah yang justru akan membuang-buang waktu.

4. Pastikan Kamu Hanya Menuliskan Tugas yang Pasti Bisa Dikerjakan

Terkadang dalam menyusun to do list harian kita terlalu berobsesi mengerjakan banyak hal bahkan untuk tugas yang jelas tak akan sempat dilakukan. Hal seperti inilah yang harus dihindari. Pastikan bahwa to-do-list yang ditulis benar-benar penting dan bisa dikerjakan. Memaksakan memasukkan tugas yang sudah pasti tidak bisa dikerjakan dalam to-do-list akan berdampak buruk seperti stress karena terlalu banyak yang harus dikerjakan.

Dampak lain adalah perasaan gagal karena sering melihat list yang tidak dicoret/dicontreng, hingga yang lebih parah adalah merasa biasa saja dengan list yang tidak dilakukan karena sudah sering dilihat. Dampak terakhir ini tentu saja akan membuat kebiasaan menulis to-do-list justru tidak lagi efektif.

Kamu bisa coba menggunakan Metode SMART, untuk mengukur target harian, mingguan atau bulanan dari to-do-list yang anda tulis.

menyusun to do list harian
Metode SMART (Freepik)

5. Susun Perkiraan Waktu Penyelesaian Setiap Tugas

Agar efektif, tugas-tugas dalam to-do-list harus sudah dipertimbangkan waktu pengerjaannya. Apakah bisa diselesaikan dalam hari bersangkutan atau hanya berapa persennya saja.

Dengan membuat perkiraan waktu, kalian bisa memperkirakan berapa jam jika semua tugas ingin diselesaikan. Jika melebihi waktu harian, tentu harus ada tugas-tugas yang diprioritaskan atau mempertimbangkan mengerjakannya sebagian dahulu.

Setelah menulis dan memprioritaskan berbagai tanggung jawab yang ada, kamu bisa menjadwalkan pekerjaan berdasarkan jam atau tanggal. Dilansir dari Forbes, hal ini penting untuk membuatmu fokus saat melakukan pekerjaan, dan menghindari gangguan dari hal-hal lainnya.

Selain itu, hal ini bisa membuatmu bekerja dengan lebih disiplin dan terhindar dari menunda pekerjaan.

6. Tuliskan Dengan Kalimat Perintah

Banyak yang berpendapat bahwa menulis dengan kalimat perintah ini secara sadar atau tidak bisa sangat membantu mengefektifkan to-do-list.

Kalimat perintah menjadi pemicu diri untuk dengan serius mengerjakannya. Sebagai contoh jika ingin mengerjakan artikel, jangan hanya tulis ‘artikel’ tetapi menjadi ‘kerjakan artikel’.

Jika memang perlu, kalian juga bisa menambangkan kata-kata penyemangat lain seperti alasan mengapa hal tersebut harus dikerjakan.

To-do-list pada hakikatnya adalah cara kita memberi perintah pada diri sendiri untuk mengerjakan sesuatu. Penerapan to-do-list di kehidupan sehari-hari bisa memberikan arahan pada diri sendiri untuk mengerjakan hal yang memang penting dan membuat mindset pada diri bahwa ‘masih ada pekerjaan X yang harus saya selesaikan’.

menyusun to do list harian
Ilsutrasi Diskusi Mahasiswa Menyusun Todo List (Freepik)

7. Jadwalkan Sesi Istirahat

Jangan lupa pastinya kamu juga perlu alokasikan jadwal untuk istirahat sejenak di tengah-tengah pekerjaan atau tugas-tugas sekolah /kuliah.

Beristirahat sejenak , terutama saat sedang jenuh, seringkali bisa memicu munculnya inspirasi untuk menyelesaikan pekerjaan. Adakalanya istirahat sejenak juga bisa menyuntikkan kembali motivasi kerjamu, bahkan untuk jangka waktu panjang.

Pastikan kamu tidak lupa untuk menjadwalkan istirahat saat sedang membuat to do list, ya! Istirahat ini bisa berupa olahraga ringan di kantor, olahraga mata, hingga sekadar pergi ke kamar kecil atau minum sebentar.

Bacaan : Linovhr, Glints

6 Cara Merawat Laptop Agar Awet Selama Belajar Online

6 Cara Merawat Laptop Agar Awet Selama Belajar Online

Cara merawat laptop agar awet selama belajar online perlu kamu ketahui agar laptop kamu bisa bekerja lebih lama dan bisa terus membantu kamu belajar online di rumah.

Di era pandemi proses belajar baik di sekolah maupun kampus juga perkantoran sudah banyak yang dilakukan secara daring (online). Perangkat elektronik seperti ponsel smartphone dan laptop menjadi kebutuhan utama. Tugas buku catatan dan pulpen bagi kebanyakan orang sudah tergantikan oleh kedua gadget tersebut.

cara merawat laptop agar awet
Ilustrasi learning online menggunakan laptop (Pixabay)

Selama proses pembelajaran online, semua materi dan tugas pelajaran sudah menggunakan laptop. Sebagai contoh sederhana, penyampaian dan pengumpulan tugas sekolah sudah menggunakan aplikasi online Google Classroom, lalu kini para Guru di sekolah sudah mahir menggunakan aplikasi Zoom dan Google Meet dalam menyampaikan materi pelajaran maupun quiz.

Sedemikian besarnya peran laptop di masa pandemi ini untuk mendukung proses pembelajaran daring, tentunya disamping kebutuhan internet yang lancar.

Cara Merawat Laptop Agar Awet
Cara Merawat Laptop Agar Awet

Itu sebabnya, buat kalian yang telah memiliki laptop untuk belajar, sudah semestinya memahami kegunaannya yang begitu penting dalam aktifitas sekolah/kampus dan laptop tersebut harus dijaga agar selalu berfungsi sebagaimana mestinya.

Seringkali laptop rusak karena rusak hanya karena kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan. Jika laptop sudah rusak, pastinya mengganggu proses pembelajaran kalian kan?

Nah, coba kamu pelajari berikut ini tentang ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa membuat laptop cepat rusak. Berikut diangkum dari berbagai sumber, tentang kebiasaan buruk yang membuat laptop cepat rusak.

  1. Duluan mana, colok adaptor ke listrik atau colok ke laptop ?
cara merawat laptop agar awet
Ilustrasi Memasang Colokan Laptop

Kebiasaan kamu gimana? Mana yang harus duluan, memasang colokan charger ke laptop atau ke listrik dulu? Ternyata kamu harus memasang kabel charger ke listrik terlebih dahulu sebelum menyambungkannya ke laptop.

Kenapa demikian? Hal ini disebabkan oleh loncatan daya pertama pada colokan listrik tidak stabil, dan bisa menyebabkan motherboard laptop menjadi cepat rusak bila adapter atau charger laptop dipasang duluan ke laptop baru ke sumber listrik, bukan sebaliknya.

 

2. Mengisi Daya Laptop Meski Baterai Tidak Habis

cara merawat laptop agar awet
Ilustrasi Baterai Laptop (ArenaLaptop)

Mengisi daya alias ngecas laptop ketika baterai belum habis ternyata bisa membuat laptop kamu cepat rusak. Yang terbaik adalah isi daya atau ngecas laptop saat baterai mencapai 10 persen, atau saat pemberitahuan muncul di layar laptop untuk mengisi daya sudah muncul.

Jangan biarkan baterai laptop kosong atau langsung mati seketika, namun jangan pula mengisi daya laptop saat baterai masih di atas 30 persen. Hal ini dapat membuat kemampuan baterai dalam menyimpan daya menjadi semakin bekurang dan menjadi lebih cepat rusak. Mengisi daya saat baterai sudah mencapai 10 persen adalah cara yang paling aman agar laptop tidak cepat rusak.

 

3. Laptop Jarang Dibersihkan

cara merawat laptop agar awet
Seringlah Membersihkan Laptopmu (HighTech Computer)

Kebersihan laptop ternyata juga sangat penting dalam rangka menjaganya agar tidak cepat rusak. Debu yang menempel pada komponen-komponen laptop dapat mengganggu kinerja laptop jika tidak segera dibersihkan.

Laptop yang jarang dibersihkan atau mungkin tidak pernah dibersihkan akan menyimpan banyak debu dan kotoran menempel pada bagian – bagian laptop yang mana menyebabkan penurunan kinerjanya, dimana laptop menjadi lebih lamban dan ini dapat membuat laptop kamu menjadi mudah panas.

Selain itu, laptop yang tidak pernah dibersihkan dan berdebu menjadi sarang bakteri yang dapat membuat kita menjadi sakit. Kalian tidak mau kan jadi jatuh sakit gara – gara debu dan kotoran pada laptop ?

Jadi sebaiknya kamu rutin membersihkan bagian luar laptop setidaknya seminggu sekali dan membersihkan bagian dalamnya 3 bulan sekali.

 

4. Meletakkan Laptop di Pangkuan atau di Kasur

cara merawat laptop agar awet
Jangan Letakkan Laptop Di Kasur (Zetzet)

Kalian pasti pernah menyalakan laptop diatas kasur kan? Jika iya, maka jangan salahkan kalau laptop kamu cepat rusak.

Menaruh atau menyalakan laptop di atas permukaan yang empuk, seperti kasur hanya akan membuat sirkulasi udara di bagian bawah laptop menjadi terhambat dan tidak berjalan dengan lancar. Udara pembuangan akan sulit keluar karena tertahan badan kasur. Sehingga, udara panas pembuangan tersebut berputar kembali ke dalam laptop kamu dan membuat komponen-komponen laptop kamu bertambah panas.

Untuk kamu ketahui, kasur bukanlah benda yang bisa menyerap panas, sehingga juga bisa menyebabkan udara di bawah laptop mengendap. Ketika komponen di dalam laptop mengalami overheat, maka laptop pun akan cepat rusak.

Satu lagi kebiasaan yang sering ditemui dari pengguna laptop adalah meletakkan laptop di pangkuan. Memangku laptop di paha tidak hanya menyebabkan masalah kesehatan terjadi pada kamu, bahkan laptop juga bisa semakin cepat rusak karenanya. Hal ini karena aliran udara di bawah laptop terhambat yang membuat panasnya mengendap. Bahkan panas laptop juga bisa membuat paha kamu terbakar.

 

5. Menutup Laptop dalam Keadaan Masih Menyala

Sebaiknya Tidak Menutup Laptop Yang Masih Menyala

Kebiasaan satu ini sangat sering ditemui dimana-mana. Tanpa melakukan shut down terlebih dahulu, laptop langsung ditutup dalam keadaan masih hidup.

Hal ini bila jadi kebiasaaan buruk yang dapat membuat laptop menjadi cepat rusak. Oleh karena itu, hindarilah langsung menutup laptop saat sudah selesai menggunakannya.

Lakukan shut down terlebih dahulu dan tunggu beberapa saat sampai hawa panas laptop agak berkurang. Dengan begini laptop kamu bisa awet dan tetap terjaga.

 

6. Sengaja Tidak Memasang Baterai Laptop

Baterai Laptop Harus Terpasang Ketika Laptop Dinyalakan

Kalian pernah kayak gini? Niatnya pasti agar baterainya awet kan. Hal ini juga sangat sering dilakukan kebanyakan pengguna laptop. Laptop langsung disambungkan ke listrik dengan chargernya tanpa memasang baterai.

Resikonya tinggi lho. Perilaku kayak gini dapat merusak mainboard laptop dan bahkan bisa menyebabkan loncatan daya listrik tidak teratur sehingga bisa terjadi korsleting. Mungkin kamu bermaksud supaya baterai laptop tetap tahan lama, namun hal ini hanyalah salah kaprah. Laptop akan semakin cepat rusak karena kamu melakukan hal ini.

jadi, pastikan baterai laptop kamu terpasang pada tempatnya ya. Jangan pernah nyalakan laptop tanpa baterai. Kasian laptopnya, kasian kamu dan ortu kamu juga kan.

Nah, itu 6 cara merawat laptop agar awet untuk terus bisa digunakan belajar daring (online). Sayangilah perlengkapan dan peralatan sekolah/kuliah yang kamu punya sebaik-baiknya. Diluar sana banyak orang yang tidak bisa memiliki peralatan sebaik yang kamu punya.

 

7 Kampus Terbaik Indonesia Versi Mosiur 2021, Ada Kampusmu?

7 Kampus Terbaik Indonesia Versi Mosiur 2021, Ada Kampusmu?

Kampus Terbaik Indonesia Tahun 2021 dirilis oleh organisasi Moscow International University Ranking “Three University Missions” atau Mosiur yang mana sejak tahun 2017 selalu menampilkan pemeringkatan universitas terbaik dunia.

Mosiur sendiri adalah peringkat global universitas akademik yang dikembangkan oleh Asosiasi Pembuat Peringkat Rusia, dengan partisipasi dari asosiasi internasional IREG Observatory on Academic Ranking and Excellence .

Ilustrasi wisuda mahasiswa

Pemeringkatan tersebut mengevaluasi kualitas pendidikan, karya ilmiah, dan juga untuk pertama kalinya dalam kompilasi pemeringkatan akademik global, secara konsisten mengevaluasi kontribusi universitas terhadap masyarakat.

3 Kelompok Penilaian : Pendidikan, Penelitian, Universitas dan Masyarakat.

Dilansir dari laman Mosiur, pemeringkatan dalam Mosiur, menggunakan 16 indikator yang dibagi menjadi tiga kelompok yakni Pendidikan, Penelitian, Universitas dan Masyarakat.

Bobot total indikator per kelompok:
a. Pendidikan sebanyak 45 persen
b. Penelitian sebanyak 25 persen
c. Universitas dan Masyarakat sebanyak 30 persen

Poin penilaian kelompok pendidikan
a. Menang dalam kontes mahasiswa internasional oleh mahasiswa.
b. Persentase siswa internasional.
c. Rasio anggaran universitas terhadap mahasiswa.
d. Rasio mahasiswa dan staf akademik.

Poin penilaian kelompok penelitian :
a. Penghargaan Daftar IREG yang dimenangkan oleh staf akademik universitas dan alumni
b.Rata-rata dampak kutipan yang dinormalisasi (tingkat global)
c. Rata-rata dampak kutipan yang dinormalisasi (tingkat nasional)
d. Pendapatan penelitian per anggota staf akademik

Poin penilaian kelompok Universitas dan Masyarakat
a. Kursus online universitas tersedia di platform global terbesar
b. Bagian universitas dalam total publikasi akademik negaranya
c. Total halaman situs web universitas yang diindeks oleh mesin pencari terkemuka
d. Tampilan halaman universitas di Wikipedia
e. Pengikut universitas di media sosial
f. Jumlah lulusan universitas dengan artikel individual di Wikipedia
g. Jangkauan situs web universitas
h. Transparansi

kampus terbaik indonesia tahun 2021
Tangkapan layar peringkat 7 Kampus Terbaik di Indonesia tahun 2021 versi MOSIUR (Mosiur)

Lalu, di Indonesia sendiri dari data Mosiur hanya ada 7 kampus terbaik. Berikut daftarnya:
1. Universitas Gadjah Mada (peringkat dunia: 601-650)
2. Institut Teknologi Bandung (peringkat dunia 701-800)
3. Universitas Indonesia (peringkat dunia 701-800)
4. Universitas Airlangga (peringkat dunia 1301-1400)
5. Universitas Padjadjaran (peringkat dunia 1401-1500)
6. Institut Pertanian Bogor (peringkat dunia 1501-1650)
7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (peringkat dunia 1501-1650)

Penjelasan detil tentang metodologi penilaian oleh Mosiur dan penjelasan lainnya dapat didownload disini (Bahasa Inggris)
Penjelasan singkat metodologi penilaian oleh Mosiur dapat didownload disini (Bahasa Inggris)

Sumber : Kompas, Mosiur

× Ada yang bisa kami bantu?